Khidmad Upacara Hari Santri Nasional 2022 di MAN 3 Kebumen


Kutowinangun (MAN 3 Kebumen) – Tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri. Berbagai kegiatan diselenggarakan untuk memeriahkan acara ini. Euforia peringatan Hari Santri terasa di seluruh pelosok negeri. Salah satunya di MAN 3 Kebumen yang turut menyemarakkan gelaran ini. Dalam peringatan HSN 2022, MAN 3 Kebumen menyelenggarakan upacara bendera yang diikuti seluruh civitas akademika yang terdiri dari seluruh guru, pegawai, dan seluruh siswa.


Pada upacara peringatan HSN, pakaian yang dikenakan peserta juga istimewa. Sesuai edaran Sekjen Kementerian Agama RI Nomor SE 13 Tahun 2022 tanggal 27 September 2022 tentang Panduan Peringatan Hari Santri Tahun 2022, Bapak-bapak dan siswa laki-laki memakai baju koko warna putih, bawahan sarung warna bebas, berpeci hitam. Untuk Ibu-ibu dan siswa perempuan memakai baju muslim warna putih dan jilbab putih.

Ahmad Sultoni, S.Pd.I M.Pd. kepala madrasah bertindak sebagai pembina upacara. Dalam amanatnya, Sultoni membacakan pidato Menteri Agama Republik Indonesia. Menteri Agama, Yaqut Cholil Choumas menjelaskan makna di balik tema HSN tahun 2022 “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”.

Maksud tema tersebut adalah bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Menteri Agama mengajak seluruh masyarakat Indonesia apapun latar belakangnya untuk turut merayakan Hari Santri bukan hanya milik santri, namun juga milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan.

Dilanjutkan dengan penyerahan Piagam Kejuaran dan Beasiswa Prestasi Bagi peserta didik MAN 3 Kebumen. 

Setelah Upacara peringatan Hari Santri Nasional selesai, dilanjutkan Kegiatan Maulud Nabi Muhammad SAW di Masjid Zainuddin dengan rangkaian acara bersholawat bersama, pembacaan albarjanji dan ceramah.


Copyright © 2019 - 2024 MAN 3 KEBUMEN