Kebumen 16 Desember 2025, MAN 3 Kebumen menyelenggarakan kegiatan Diseminasi Penguatan Implementasi Kurikulum Madrasah tentang Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 1503 Tahun 2025 pada hari ini. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya memperkuat pemahaman dan kesiapan satuan pendidikan madrasah dalam menerapkan Kurikulum Berbasis Cinta yang akan mulai diimplementasikan pada semester genap tahun pelajaran 2025/2026.
Diseminasi ini diikuti oleh seluruh dewan guru MAN 3 Kebumen serta para peserta dari anggota Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MAN 3 Kebumen, yang terdiri atas MA Padureso, MA Teknologi Tersobo, MA Al Furqan, dan MA Al Ghozali Ambal. Kegiatan ini menjadi wadah bersama untuk menyamakan persepsi dan memperdalam pemahaman terhadap arah kebijakan kurikulum madrasah terbaru dari Kementerian Agama.
Sebagai narasumber, kegiatan diseminasi menghadirkan Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum MAN 3 Kebumen, H. An Farchani, S.Ag., M.Pd. Dalam paparannya, beliau menjelaskan secara komprehensif konsep, landasan, serta urgensi penerapan Kurikulum Berbasis Cinta sebagaimana tertuang dalam KMA 1503 Tahun 2025. Selain itu, peserta juga dibekali pemahaman mengenai implementasi kurikulum tersebut dalam praktik pembelajaran, mulai dari perencanaan pembelajaran, penyusunan RPP, hingga pelaksanaan proses pembelajaran di kelas.
Pelaksanaan diseminasi ini bertujuan agar seluruh peserta dapat memahami secara utuh esensi Kurikulum Berbasis Cinta, sehingga mampu menginternalisasikan nilai-nilai tersebut dalam kegiatan pembelajaran di madrasah masing-masing. Kurikulum ini diharapkan tidak hanya menekankan aspek akademik, tetapi juga menumbuhkan nilai kasih sayang, toleransi, dan karakter luhur peserta didik.
Melalui kegiatan ini, diharapkan segenap peserta diseminasi dapat memahami secara mendalam apa itu Kurikulum Berbasis Cinta berdasarkan KMA 1503 Tahun 2025, serta mampu menerapkannya secara efektif dan berkelanjutan dalam proses pembelajaran di madrasah masing-masing, demi terwujudnya pendidikan madrasah yang humanis, bermakna, dan berkarakter.