Posbindu MAN 3 Kebumen, Lakukan Deteksi Dini PTM


Tim Penggerak Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Kebumen memfasilitasi Puskesmas Kutowinangun melaksanakan Deteksi Dini Faktor Penyakit Tidak Menular (PTM) kepada 150 orang peserta didik dan tenaga pendidik yang berlangsung di Ruang Digital (Selasa, 21/06/23)

Tujuan kegiatan ini adalah melakukan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko penyakit tidak menular (PTM) utama.

“Deteksi dini sendiri meliputi pemantauan perilaku seperti merokok, pola makan tidak sehat, kurang aktifitas fisik, obesitas, stres, konsumsi minuman beralkohol, hipertensi, serta menindaklanjuti secara dini faktor risiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan,” ungkap Siti Wahyuni,S.Kep

Dijelaskannya, kegiatan ini dikembangkan sebagai bentuk kewaspadaan dini dalam mengendalikan faktor resiko PTM. Karena pada umumnya faktor resiko PTM tidak bergejala dan seringkali masyarakat datang ke fasilitas pelayanan kesehatan dalam keadaan komplikasi.

Pembina UKS MAN 3 Kebumen, Khoerul Azizah, S.Pd.I menyampaikan kegiatan ini sangat membantu serta memberi pengetahuan kepada para pelajar tentang berbagai hal yang harus diperhatikan dalam menjaga kesehatan dan mencegah penyakit tidak menular.

“Dengan sosialisasi dan pengecekan secara berkala, kita berupaya untuk mengetahui sejak dini tentang kendala atau penyakit dalam tubuh, sehingga diharapkan warga madrasah bisa sehat dan mampu melaksanakan tugas dengan optimal,” harap Azizah. (ds)

Copyright © 2019 - 2024 MAN 3 KEBUMEN